Tebing Watu Mabur – Ingin merasakan sensasi tinggal di negeri atas awan? Pergi saja ke Tebing Watu Mabur, wisata ini ada di Kabupaten Bantul, Jogja. Tebing Watu Mabur menyuguhkan panorama alam luar biasa yang sering dimanfaatkan sebagai spot foto selfie. Hingga saat ini, keindahan panorama tersebut masih terjaga dengan baik. Selain indah, Tebing Watu Mabur juga memberikan suasana sejuk dan tenang karena jauh dari hiruk pikuk kendaraan. Kalau penasaran, simak informasi berikut.

Daya Tarik Wisata Tebing Watu Mabur

Berwisata ke Tebing Watu Mabur akan menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan. Karena bukan hanya memanjakan mata dengan panorama alam asri, pengunjung juga bisa menjadikannya sebagai latar foto bersama sahabat dan keluarga. Di sekeliling perbukitan ini, Anda akan melihat bebatuan purba yang unik. Serta spot yang cocok untuk camping di alam terbuka. Selain itu, masih ada daya tarik berikut.

Kabut Awan

Tebing Watu Mabur Spot Foto

Waktu yang tepat untuk berkunjung ke Tebing Watu Mabur adalah pagi hari. Karena pada saat tersebut, area perbukitan hijau ini akan diselimuti oleh kabut awan. Kalau datang siang hari, kabut akan menghilang. Anda juga disarankan datang selama cuaca cerah. Karena kombinasi antara kabut awan dan langit biru akan menghasilkan pemandangan yang menyegarkan mata.

Berburu Sunrise

Banyak wisatawan ingin menginap dekat Tebing Watu Mabur karena penasaran dengan keindahan sunrise di sana. View tersebut memang tidak kalah dari Bukit Panguk Kediwung, Puncak Becici, maupun Punthuk Setumbu Magelang. Sebab memberikan kesan seperti berada di negeri atas awan.Namun jika tidak menginap, wisatawan harus datang subuh untuk bisa menikmati dan memotret sunrise Tebing Watu Mabur.

Tebing Watu Mabur Lokasi

Camping

Di tempat ini telah tersedia spot camping agar pengunjung semakin puas melakukan semua aktivitas wisata. Bahkan ada tempat untuk camper van seru. Jika tidak membawa perlengkapan pribadi, Anda bisa sewa di tempat penyewaan camping terdekat.

Lokasi dan Rute Menuju Tebing Watu Mabur

Wisata tebing cantik ini terletak di Lemahbang RT 28, Lembah Bang, Mangunan, Kec. Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya bisa dicapai menggunakan motor atau mobil dengan jarak tempuh sekitar 24 – 26 KM. Waktu yang akan Anda habiskan dalam perjalanan ke Tebing Watu Mabur adalah 1 jam. Oleh karena itu, sebelum berangkat Anda perlu mengecek kondisi kendaraan. Sebab jalan yang akan dilalui berkelok dan terjal.

Sebaiknya gunakan rental mobil Jogja dari Widya Trans. Agen perjalanan ini telah menyiapkan unit kendaraan yang memiliki performa prima di setiap jalur. Anda juga bisa menikmati perjalanan dengan nyaman melalui layanan paket tour Jogja dari Widya Trans. Maka sah-sah saja untuk mampir ke destinasi wisata sekitar Tebing Watu Mabur. Namun jika membawa kendaraan pribadi yang dikemudikan sendiri, Anda bisa pilih rute berikut:

  • Kota Jogja menuju Jalan Imogiri Barat – melalui Jalan Imogiri-Dodogan / Jalan Imogiri-Dlingo / Jalan Mangunan ke Mangunan – ambil Jalan Sukorame ke tujuan Anda di Lembah Bang.

Jam Buka Tebing Watu Mabur

Wisata Tebing Watu Mabur buka dari hari Senin sampai dengan Minggu dan juga tanggal merah. Anda tidak perlu mencari informasi jam operasional tempat ini karena sudah 24 jam. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah sebelum musim penghujan. Karena pada saat tersebut Anda bisa melakukan semua aktivitas dengan leluasa. Tebing Watu Mabur juga dekat wisata lain, jadi bebas kalau ingin mampir.

Fasilitas di Tebing Watu Mabur

Tebing Watu Mabur cukup lengkap dalam hal fasilitas. Kondisi ini sungguh berbeda dengan destinasi wisata alam di sekitarnya. Bahkan ada cukup banyak penginapan dan warung makan dekat Tebing Watu Mabur. Selain itu, Anda bisa menemukan fasilitas-fasilitas berikut:

  •       Area parkir kendaraan yang telah disiapkan warga setempat.
  •       Beragam spot foto dengan background perbukitan hijau, kabut, serta hamparan awan.
  •       Papan informasi terkait tempat wisata.
  •       Kawasan perkemahan dengan tambahan biaya sewa.
  •       Toilet bersih untuk umum.
  •       Tempat ibadah seperti mushola, lengkap dengan perlengkapan sholat.

Harga Tiket Masuk Tebing Watu Mabur

Jika ingin menyaksikan keindahan sunrise berselimutkan awan di Tebing Watu Mabur, maka Anda harus membeli tiket masuk dengan harga Rp. 2.500. Bukankah harganya cukup terjangkau untuk semua kalangan wisatawan? Sedangkan bagi Anda yang ingin mengambil foto di spot-spot keren, seperti landasan pacu atau jalan raya maka tambah biaya Rp. 3.000. Kemudian untuk tarif parkir motor di Tebing Watu Mabur yaitu Rp. 2.000 dan parkir mobil Rp. 5.000 per kendaraan.

Dengan tarif yang murah, tentu budget liburan akan tersisa banyak. Anda bisa memanfaatkan uang tersebut untuk membeli oleh-oleh khas Jogja bersama Widya Trans. Jika ingin pergi ke wisata Tebing Watu Mabur ini, silahkan pesan sewa Avanza FWD saja. Dengan kapasitas 7 penumpang, bepergian bersama keluarga akan terasa nyaman.