Pernah berencana liburan ke Bukit Pengilon? Objek wisata yang dijuluki ‘Selandia Baru’ ini memiliki keindahan alam yang hijau dengan langit dan laut biru jernih. Bukit Pengilon juga menghadirkan panorama pesisir pantai laut selatan dari atas ketinggian. Bisa dibilang inilah salah satu tempat di Jogja yang selalu ramai pengunjung.

Kebanyakan wisatawan datang saat weekend atau hari libur nasional untuk melakukan camping dan hiking seru. Berikut ulasan tentang wisata Bukit Pengilon.

Daya Tarik Wisata Bukit Pengilon

Bukit Pengilon adalah bagian dari kawasan perbukitan Gunung Kidul yang terletak di tepi pantai selatan Jawa. Makanya view dari bukit ini lautan biru lepas, pesisir pantai dengan bebatuan karang, dan panorama bukit-bukit di sekitarnya.

Bukit Pengilon Spot Foto

Saat berkunjung, Anda akan menemukan suasana alam yang berbeda. Seperti bukit yang dipenuhi rerumputan hijau, bukan pasir putih yang biasa ada di pantai-pantai Jogja. Berikut daya tarik lainnya dari wisata Bukit Pengilon:

Hiking

Untuk mencapai bukit ini, Anda harus berjalan kaki menyusuri jalan setapak yang menanjak. Jadi, pastikan sedang dalam kondisi fit berstamina agar mampu melakukannya. Anda juga harus berhati-hati dalam perjalanan ke Bukit Klangon. Sebab jalurnya cukup sempit dan berbatu, perhatikan apa yang dipijak dan jangan sampai jatuh.

Pemandangan Alam Indah

Anda akan melihat pemandangan alam yang indah dalam perjalanan menuju Bukit Klangon. Mulai dari sawah, laut, hingga air terjun akan Anda lihat selama 40 menit – 1 jam.

Bukit Pengilon

Camping

Setibanya Anda di area Bukit Klangon akan disambut oleh tenda camping wisatawan lainnya. Kegiatan ini cukup disukai karena memanjakan mata. Dimanapun Anda melihat, hanya akan ada pemandangan bukit hijau, laut lepas, dan langit biru. Udara yang berhembus juga membuat suasana semakin sejuk.

Lokasi dan Rute Menuju Bukit Pengilon

Bukit Pengilon akhir-akhir ini ramai dikunjungi oleh muda mudi yang ingin camping dan hiking seru. Dengan alamat lengkap Istimewa, Area Hutan, Purwodadi, Kec. Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Walaupun jaraknya cukup jauh dari Kota Jogja, yakni sekitar 75,1 KM. Wisata alam ini sudah memiliki akses jalan yang mulus dan beraspal.

Untuk menuju Bukit Pengilon, Anda akan menghabiskan waktu selama 2 jam 19 menit. Berangkat dari Jogja menggunakan motor atau mobil kemudian ikuti rute berikut:

  • Melalui Jalan Wonosari di Rejowinangun – ambil Jalan Nasional III ke Jalan Raya Semanu-Candirejo di Semanu – tetap di jalan tersebut hingga tiba di area parkir Bukit Pengilon.

Lokasi Bukit Pengilon ini searah dengan Pantai Wediombo dan Pantai Watu Lumbung. Maka dari itu, Anda bisa sekalian mampir ke objek wisata sekitar. Bila ingin berwisata ke Bukit Pengilon terlebih dahulu, Anda harus berjalan kaki di medan menanjak hingga sampai di atasnya. Pastikan sudah membawa makanan dan minuman yang akan menemani perjalanan. Anda juga perlu menyiapkan transportasi dari sewa mobil di Jogja Widya Trans untuk mengantar kemana saja.

Jam Buka Bukit Pengilon Jogja

Bukit Pengilon adalah salah satu dari sekian wisata alam Jogja yang buka 24 jam setiap hari. Dengan begitu, pengunjungnya tak perlu repot menyesuaikan waktu luang. Wisata Bukit Pengilon biasanya ramai saat menjelang petang. Karena para pengunjung ingin menantikan momen sunset di atas hamparan rerumputan hijau bukit ini. Ada juga yang datang dari siang untuk mendirikan tenda camping bersama teman-teman.

Harga Tiket Masuk Bukit Pengilon 2023

Harga tiket masuk yang harus dibayar wisatawan Bukit Pengilon cukup murah, yakni sebesar Rp. 5.000 per orang. Kemudian retribusi Rp. 10.000 dengan tambahan biaya parkir bagi yang membawa kendaraan pribadi. Berikut rinciannya:

  •       Parkir motor Rp. 5.000
  •       Parkir mobil Rp. 10.000

Selain itu, tidak ada lagi biaya tambahan yang harus dikeluarkan kecuali saat membeli makan dan minum di warung sekitar. Bagaimana, tertarik mengunjungi wisata Bukit Pengilon? Hubungi Widya Trans sekarang juga untuk mendapatkan pilihan sewa mobil terbaru dan terlengkap di Jogja.

Fasilitas Bagi Pengunjung Bukit Pengilon

Karena lokasi bukit ini cukup jauh dan terpencil, Anda hanya akan menemukan fasilitas berupa lahan parkir, toilet umum, serta tempat untuk ibadah. Selanjutnya ada juga warung makan dan minum bagi Anda yang ingin mengisi perut sekalian melepaskan dahaga. Saat berkunjung ke Bukit Pengilon, sebaiknya sudah membawa peralatan atau perlengkapan yang dibutuhkan.

Jangan sampai ada barang penting yang tertinggal. Terutama bagi Anda yang berencana camping, di Bukit Pengilon sampai sekarang belum ada tempat persewaan. Jadi, Anda harus sewa peralatan tersebut dari kota agar rencana camping tetap berjalan sesuai rencana.

Demikian informasi mengenai objek wisata Bukit Pengilon Gunung Kidul Jogja. Pastikan sebelum berangkat, Anda telah memesan rental Avanza FWD dari Widya Trans.