Wisata Kalibiru menawarkan suasana asri dan sejuk khas pegunungan. Bagaimana tidak, letaknya saja sudah di ketinggian 450 mdpl. Tempat ini bisa membantu Anda merefresh kembali pikiran jenuh akibat rutinitas sehari-hari. Keindahan panorama alam Kalibiru juga mendatangkan decak kagum. Karena dikelilingi oleh ratusan pohon jati, cemara, hingga kayuputih yang menyegarkan mata.

Dari kejauhan juga tampak Waduk Sermo dan pemandangan Perbukitan Menoreh yang hijau. Jika Anda adalah tipe wisatawan yang senang mengeksplor alam, maka coba datang ke Kalibiru.

Daya Tarik Kalibiru

Kalibiru selalu masuk destinasi liburan pilihan pendatang Jogja. Bukan hanya karena pemandangannya, namun juga karena ada banyak daya tarik.

Jalur Trekking

Setibanya di lokasi wisata Kalibiru, Anda akan disambut oleh jalur trekking yang terus menanjak. Jalur tersebut berupa anak tangga dan jalan setapak yang tersebar di beberapa titik. Menariknya, di setiap jalur sudah tersedia fasilitas warung makan, mushola, hingga spot foto. Jadi, Anda tidak perlu khawatir akan kelelahan. Karena bisa mampir sebentar untuk beristirahat sekalian mengisi perut.

KALIBIRU JOGJA

Keelokan Spot Foto

Semua spot foto yang ditawarkan Kalibiru menunjukkan landscape alam dari atas ketinggian. Kebanyakan pengunjung akan mengambil foto dari Menara Pandang yang juga berfungsi sebagai gardu pandang Waduk Sermo. Menara ini terlihat sangat estetik karena terbuat dari papan kayu yang diletakkan di sebuah pohon pinus.

Tes Adrenalin

Wisata Kalibiru juga cocok untuk wisatawan yang menyukai atraksi menantang. Sebab telah tersedia wahana flying fox dan high rope yang siap memacu adrenalin. Wahana flying fox merupakan permainan meluncur dari sebuah pohon ke pohon lain.

KALIBIRU KULON PROGO

Sedangkan high rope adalah wahana permainan yang mengajak Anda melintasi jembatan kayu bertali. Jembatan tersebut dipisah-pisah dan akan bergoyang saat dipijak. Cobalah kedua wahana ini apabila bosan kalau berfoto-foto saja. Keamanannya sudah terjamin, kok. Walaupun ekstrem, tetap mudah dilalui orang dewasa maupun anak-anak.

Camping Asyik

Tidak puas menikmati suasana sejuk sebentar saja? Anda boleh camping di Kalibiru menggunakan tenda yang disediakan pihak pengelola. Kegiatan ini akan semakin asyik saat malam tiba. 

Lokasi dan Rute Menuju Kalibiru

Lokasi wisata alam Kalibiru terletak sekitar 35 KM dari Kota Yogyakarta. Masuk dalam kawasan Perbukitan Menoreh Kabupaten Kulon Progo dengan alamat lengkap Jalan Waduk Sermo, Kalibiru, Hargowilis, Kecamatan Kokap. Untuk posisi tepatnya bisa disearch di Google Maps atau datang langsung ke destinasi wisata ini dalam waktu 1 jam-an.

Selama perjalanan, Anda harus mengemudi dengan hati-hati. Sebab kondisi jalan yang akan dilalui banyak tikungan dan terjal. Agar lebih mudah, ikuti rute berikut:

  •       Mengemudi dari Jalan Yogyakarta – Wates menuju Jalan Pengasih-Sentolo ke Kepek
  •       Ambil arah Jalan Jembatan Clereng ke Jalan Dipowono
  •       Menuju wisata alam Kalibiru yang menjadi tujuan Anda.

Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau rental mobil di Yogyakarta harian di Widya Trans. Maka bisa lebih mudah bepergian kemana saja bersama driver profesional. Terutama saat Anda berencana mengunjungi wisata alam ini yang berada di perbukitan. Tentu akan lebih nyaman jika ada yang menyetir dan lebih menguasai medannya. Cara lain supaya bisa sampai ke lokasi adalah dengan mencari penginapan dekat Kalibiru.

Jam Buka dan Fasilitas di Kalibiru

Kalibiru sangat cocok dijadikan tempat liburan karena memiliki bentang alam asri, sunrise, sunset, hingga suasana yang sejuk. Anda yang ingin healing pasti tidak menyesal sudah datang. Selain melihat pemandangan sekitar, Anda juga bisa berfoto dari spot yang sudah disediakan pihak pengelola. Untuk jam buka wisata Kalibiru dimulai pukul 08.00 WIB – 16.00 WIB.

Tidak ada hari tertentu dimana tempat ini tutup, jadi Anda bebas menentukan hari kunjungan. Sebelum itu, ketahui terlebih dahulu fasilitas di Kalibiru.

  •       Area parkir kendaraan yang mengakomodir motor, mobil, hingga bus.
  •       Jalur trekking yang aman dilalui wisatawan.
  •       Warung makan dan minum dengan banyak pilihan menu.
  •       Spot foto-foto gratis dan ada juga yang berbayar dengan view keren.
  •       Mushola dengan perlengkapan sholat.
  •       Toilet dengan air bersih.
  •       Homestay atau penginapan sederhana.

Harga Tiket Masuk Kalibiru

Siapkan budget secukupnya untuk menikmati pemandangan waduk sermo, Perbukitan Menoreh, hingga spot foto keren dari Kalibiru. Anda tak perlu membayar mahal karena retribusi tiket masuk per orang hanya Rp. 10.000 saja. Berikut informasi biaya yang akan dikeluarkan.

KeteranganTarif
Tiket masuk Menara PandangRp. 10.000 per orang
Spot fotoRp. 10.000 s.d Rp. 35.000 per orang
Wahana flying foxRp. 5.000 (anak-anak) dan Rp. 10.000 (dewasa)
Homestay dan cottageRp. 120.000 ke atas
Parkir kendaraanRp. 2.000 (sepeda motor) per unit

Rp. 5.000 (mobil) per unit

Jika ingin berkunjung ke Kalibiru, Anda bisa menghubungi Widya Trans untuk menyediakan transportasi. Widya Trans pasti menawarkan rental mobil Jogja murah, terbaru, dan lengkap pilihannya. Selain Kalibiru, Widya Trans akan mengajak Anda menjelajahi berbagai destinasi wisata hits dalam satu hari.