Bukit Paralayang Watugupit – Kabar gembira bagi pecinta sunset, di Jogja sudah ada spot sunset super estetik yang memiliki keindahan alam memikat. Nama tempatnya adalah Bukit Paralayang Watugupit dengan nama asli Bukit Watugupit. Pada mulanya, bukit ini digunakan sebagai landasan atlet paralayang profesional dan pemula. Namun karena pemandangan dari atas sana sangat mempesona, para wisatawan pun mulai berdatangan.

Daya Tarik Bukit Paralayang Watugupit

Berwisata ke Bukit Paralayang Watugupit yang memiliki ketinggian 900 mdpl tidak perlu dipikir-pikir ulang. Karena Anda bisa menikmati beragam daya tarik berikut.

Sunset Mempesona

BUKIT PARALAYANG WATUGUPIT

Sunset menjadi magnet utama Bukit Paralayang Watugupit yang menyuguhkan panorama senja sempurna bagi muda mudi. Bahkan ada rombongan wisatawan datang bersama keluarga dan teman-temannya. Momen sunset di Bukit Paralayang Watugupit berlangsung sekitar pukul 17.30. Namun sejak pukul 16.30, tempat ini sudah dipadati oleh pengunjung. Bila Anda ingin mendapatkan spot sunset terbaik, datanglah lebih awal.

Sebenarnya pengelola wisata sudah menyediakan tempat berlantaikan paving yang juga digunakan sebagai landasan paralayang. Jangan lupa siapkan kamera untuk mengabadikan pergerakan matahari yang perlahan tenggelam ke ufuk barat. Dalam sekejap, pemandangan langit oranye akan berganti menjadi malam.

Pantai Parangtritis dari Kejauhan

Pengunjung yang menikmati sunset Bukit Paralayang Watugupit juga mendapatkan bonus pemandangan Pantai Parangtritis dari kejauhan. Bersama dengan landscape laut lepas, perbukitan hijau, dan kerlap kerlip lampu bangunan pada malam hari. Sungguh perpaduan yang eksotis, sayang untuk dilewatkan para wisatawan Jogja.

BUKIT PARALAYANG WATUGUPIT JOGJA

Terbang di Udara

Siapa saja boleh bermain paralayang asal bersama instruktur profesional. Kegiatan terbang di udara ini sudah memenuhi standar keselamatan internasional, sehingga aman untuk dicoba. Nah, setelah lepas landas, nantinya akan mendarat di antara Pantai Parang Kusumo atau Pantai Depok.

Kulineran

Sambil melihat pesona sunset dan Pantai Parangtritis dari atas Bukit Paralayang Watugupit, Anda juga bisa wisata kuliner. Dengan harga mulai dari Rp. 5.000 – Rp. 15.000, sudah boleh sepuasnya mencicipi beragam menu. Paling favorit adalah indomie telor, gorengan, es teh, dan kelapa muda.

Dekat Tempat Wisata Lain

Di sekitar Bukit Paralayang Watugupit terdapat beberapa tempat wisata yang tidak kalah bagus untuk dieksplore. Contohnya Gumuk Pasir yang istimewa dan langka, Air Terjun Pantai Parangtritis di antara batu karang, wisata kuliner seafood di Pantai Depok, hingga Pantai Parang Kusumo yang indah.

Lokasi dan Rute Menuju Bukit Paralayang Watugupit

Lokasi Bukit Paralayang Watugupit menjadi tempat berlatih para atlet sekaligus tempat pelaksanaan event-event nasional hingga internasional di Jogja. Bagi wisatawan, Bukit Paralayang Watugupit adalah spot sunset terbaik dengan bonus pemandangan pantai Parangtritis dan perbukitan hijau. Jika ingin melihat langsung, datanglah ke alamat Jl.Watugupit Jl. Paralayang, Area Hutan, Giricahyo, Kec. Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Perjalanan Anda membutuhkan waktu 1 jam karena akan menempuh jarak sekitar 32 KM dari pusat kota. Untuk bisa mencapai objek wisata Bukit Paralayang Watugupit, tentu harus mengetahui rutenya. Berikut salah satu rute yang bisa dilalui oleh motor dan sewa mobil jogja:

  •       Titik Nol Yogyakarta mengemudi ke Jalan Brigjen Katamso – ambil Jalan Parangtritis ke Jalan Paralayang di Watu Gajah – menuju tempat parkir lalu melanjutkan perjalanan dengan trekking ke puncak Bukit Paralayang Watugupit.

Baik orang dewasa maupun anak-anak, mudah saja melalui jalur trekking yang sudah dibuat anak tangga bersemen. Untuk transportasi ke Bukit Paralayang Watugupit gunakan rental mobil Pajero Sport Jogja dari Widya Trans. Anda bebas menentukan durasi sewa maupun jenis layanan Widya Trans.

Jam Buka dan Fasilitas di Bukit Paralayang Watugupit

Jam buka objek wisata dimulai pukul 05.00 WIB sampai dengan 18.30 WIB. Anda bisa melakukan kunjungan dari hari Senin-Minggu dan hari libur nasional, karena Bukit Paralayang Watugupit menerima wisatawan setiap hari. Soal fasilitas yang disediakan cukup memadai dengan adanya area parkir, mushola, toilet, serta warung makan. Anda juga bisa menemukan café di sekitar objek wisata.

Manfaatkan fasilitas ini untuk bercengkrama dengan teman-teman atau keluarga. Sambil menikmati keindahan laut lepas dan menantikan sunset di ufuk barat.

Harga Tiket Masuk Bukit Paralayang Watugupit

Tiket masuk ke Bukit Paralayang Watugupit tidaklah gratis, oleh karena itu siapkan sejumlah uang saat kunjungan. Untung harganya sangat murah, per orang hanya Rp. 5.000 saja. Dengan membayar tiket masuk, Anda boleh menggunakan fasilitas-fasilitas yang ada, menikmati keindahan pemandangan, dan bebas berburu foto di Bukit Paralayang Watugupit.

Bila membawa kendaraan, maka saat tiba di parkiran akan diminta retribusi sebesar Rp. 3.000 (motor) dan Rp. 5.000 (mobil). Nah, bagi Anda yang ingin mencoba atraksi paralayang juga bisa membayar sebesar Rp. 350.000 per orang. Dalam kegiatan ini, Anda akan ditemani oleh pemandu profesional.

Kalau sudah berburu sunset di Bukit Paralayang Watugupit, coba berikan review Anda. Namun bila belum mengunjungi objek wisata ini, bisa menggunakan jasa sewa mobil Jogja atau paket gathering Jogja dari Widya Trans. Anda juga bisa custom tour dengan destinasi wisata yang diinginkan tanpa batas.