Goa Jepang Bantul merupakan objek wisata bersejarah yang masih berdiri kokoh sampai saat ini. Dengan tinggi sekitar 400-500 mdpl di atas Bukit Pundong, Goa Jepang Bantul bisa menawarkan spot menikmati keindahan Pantai Parangtritis. Pemandangannya masih asri dan suasananya pun terasa sejuk dengan hembusan angin sepoi-sepoi. Karena keindahan tersebut, goa ini cocok dijadikan tujuan wisata sejarah bersama keluarga. Supaya pemahaman Anda lebih jelas, berikut kami sajikan informasi tentang Goa Jepang Bantul Jogja.

Sekilas Tentang Goa Jepang Bantul Jogja

Salah satu alasan Jepang menjajah Indonesia adalah potensi alam yang dimiliki negara kepulauan ini. Jepang bersiasat untuk membantu Indonesia mengusir tentara Belanda yang sedang dalam kondisi genting akibat kalah perang dengan Jerman. Jepang pun berhasil melakukan berbagai serangan militer hingga menduduki sejumlah tempat di Pulau Jawa.

Goa Jepang Bantul Lokasi

Pada tahun 1942, Jepang mulai berkuasa di Kota Yogyakarta. Pendudukan tersebut menyebabkan beberapa masalah. Seperti munculnya beberapa benteng pertahanan di daerah Bantul dan Sleman. Goa Jepang Bantul memiliki sejumlah peran, konon katanya digunakan sebagai tempat mengintai dan menghalau tentara sekutu yang datang dari Samudra Hindia.

Setidaknya ada sekitar 18 goa yang memiliki ukuran 150×150 xm dibangun dengan bahan beton bertulang dan pintu kayu. Bangunan tersebut tersebar di wilayah seluas 12 hektar dan berguna untuk Jepang saat mengintai musuh. Selain karena cerita sejarahnya, Goa Jepang Bantul akan membuat wisatawan terpukau dengan suasana alam menakjubkan.

Selama perjalanan menuju goa ini, Anda sudah bisa melihat deretan pepohonan hijau serta sawah yang asri. Hal menarik lainnya adalah letak Goa Jepang Bantul yang berada di atas bukit. Itu membuat pandangan Anda cukup jelas untuk melihat keindahan pantai sekitar. Dari goa ini Anda bisa mengambil banyak foto bagus.

Goa Jepang Bantul

Apabila ingin berkunjung ke Goa Jepang Bantul, Anda bisa booking rental Innova Reborn Jogja di Widya Trans. Caranya mudah dan harganya hemat membuat budget liburan tak menipis.

Lokasi dan Rute Menuju Goa Jepang Bantul

Objek wisata ini terletak di Dukuh Ngreco Poyahan, Desa Seloharjo, Pundong, Kabupaten Bantul. Berjarak sekitar 25,8 KM dari Kota Yogyakarta atau sekitar 55 menit waktu perjalanan. Lokasi Goa Jepang Bantul cukup mudah ditemukan dan bisa dijangkau via mobil atau motor. Jika ingin berkunjung, Anda perlu berhati-hati mengemudi karena kondisi jalannya banyak tikungan dan tanjakan curam.

Berikut rute yang bisa diambil:

  • Melalui Jalan Parangtritis ke Jalan Mangun Negoro di Ketandan – tetap di Jalan Mangun Negoro dan mengambil arah Jalan Raya Pundong – ke Jalan Kretek Siluk menuju arah Jalan Goa Jepang di Ngreco.

Anda akan tiba di tujuan wisata apabila sudah melihat papan bertuliskan nama “Goa Jepang”. Tinggal ikuti petunjuk tersebut dan melanjutkan perjalanan menuju puncaknya. Agar lebih mudah, serahkan saja urusan mengemudi kepada driver rental mobil Jogja Widya Trans. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot menghafal rute, membuka Google Maps, maupun bertanya kepada warga sekitar. Driver Widya Trans sudah mengetahui dimana persisnya lokasi wisata sejarah Goa Jepang Bantul.

Jam Buka Tutup Wisata

Untuk dapat masuk ke Goa Jepang Bantul, Anda harus datang pada jam buka. Yaitu mulai pukul 07.00 WIB 0 – 17.00 WIB. Jika datang pagi, Anda punya cukup waktu untuk mengeksplor spot foto kekinian. Perjalanan dari Kota Jogja ke Goa Jepang Bantu juga tak begitu lama.

Harga Tiket Masuk Goa Jepang Bantul 2023

Pengunjung Goa Jepang Bantul saat ini tidak dikenakan biaya alias bisa masuk gratis. Jadi, cukup membayar biaya parkir kendaraan sesuai jenisnya, kalau motor Rp. 2.000 dan mobil Rp. 5.000. Namun bagi Anda yang ingin mengambil foto di Goa Jepang Bantul harus mengeluarkan biaya tambahan sekitar Rp. 3.000 saja. Setelah itu, Anda bisa sepuasnya menilik sejarah tempat bekas lokasi pengintaian Jepang.

Fasilitas

Goa Jepang Bantul hanya memiliki bangunan yang merupakan objek dari wisata itu sendiri. Fasilitas hiburan tidak akan Anda temukan di tempat ini. Namun bukan berarti tak layak dikunjungi, sebab Anda masih bisa menjadikan Goa Jepang Bantul sebagai tempat beristirahat sejenak. Kebanyakan pengunjung yang datang adalah wisatawan Pantai Parangtritis yang dimana lokasi objek wisata tersebut berdekatan.

Jika tidak ingin repot mengurus transportasi, itinerary, maupun penginapan satu per satu, Anda dapat menggunakan paket wisata Jogja agar lebih praktis. Paket wisata Jogja murah disediakan oleh Widya Trans dengan alternatif sewa mobil Avanza FWD saja. 

Anda akan mendapatkan kendaraan tersebut sejak pertama kali menginjakkan kaki di Jogja. Layanan rental mobil Jogja Widya Trans juga sudah termasuk driver profesional yang siap menemani Anda selama menjelajahi Goa Jepang Bantul.