Desa Wisata Brayut – Yogyakarta terkenal akan kebudayaannya yang selalu menarik banyak wisatawan lokal maupun mancanegara untuk belajar langsung. Cara menyalurkannya yaitu dengan membuat kawasan wisata di daerah-daerah tertentu, contohnya Desa Wisata Brayut. Tempat ini terletak di ketinggian 243 mdpl dengan suhu 26 derajat celcius.

Hampir semua masyarakatnya memiliki mata pencaharian sebagai petani dan ada juga yang membuat batik. Nah, bagaimana daya tarik Desa Wisata Brayut bagi wisatawan?

Daya Tarik Desa Wisata Brayut Yogyakarta

Mari liburan sambil belajar budaya di Desa Wisata Brayut. Anda dapat menjadikan desa ini destinasi wisata yang tepat untuk keluarga dan komunitas. Sebab selain mengenal budaya, para pengunjung juga akan terlibat langsung dalam prakteknya. Seperti:

Belajar Pertanian

Desa Wisata Brayut akan mengajarkan Anda cara bertani yang baik dan benar. Mulai dari membajak sawah menggunakan alat tradisional, bermain lumpur, hingga menanam padi. Kegiatan ini menjadi salah satu andalan Desa Wisata Brayut yang berhasil mendatangkan banyak turis asing.

Desa Wisata Brayut

Tari dan Batik

Pengunjung juga dapat belajar kesenian tari dan melukis batik menggunakan peralatan tradisional. Di Desa Wisata Brayut sudah tersedia instruktur yang akan memberitahukan cara melakukannya. Nah, untuk jenis tari yang diajarkan adalah Tari Merak, Tari Serimpi, dan lain sebagainya.

Karawitan

Karawitan adalah kesenian dalam memainkan alat musik gamelan secara berkelompok. Tujuan dari kegiatan ini adalah menumbuhkan kesadaran pada nilai moral, sosial, maupun spiritual seseorang.

Bermain Game Tradisional

Pengunjung Desa Wisata Brayut akan memainkan game-game tradisional bersama warga setempat. Beberapa game yang dimainkan adalah Dakon, Egrang, Delik-delikan, Gobak Sodor, dan masih banyak lagi. Game tersebut mungkin dapat mengingatkan Anda pada masa kecil.

Desa Wisata Brayut Lokasi

Menangkap Ikan

Selanjutnya di Desa Wisata Brayut terdapat sejumlah kolam ikan yang dibudidayakan oleh masyarakat setempat. Anda dapat menangkap ikan-ikan yang ada, seperti mujair atau nila untuk disantap bersama-sama.

Keliling Desa

Pengunjung juga bisa berkeliling desa yang diapit oleh persawahan. Areanya cukup luas, selain itu masih ada kebun dan sungai untuk dijelajahi.

Mencicipi Kuliner Tradisional

Setelah berwisata, akhiri dengan menyantap kuliner tradisional khas Desa Wisata Brayut. Salah satu makanan yang akan Anda temukan adalah legondo. Yakni kue yang terbuat dari beras ketan putih dan santan. Isi dalam kue legondo seringnya pisang, rasanya tentu enak sekali.

Lokasi dan Rute Menuju Desa Wisata Brayut

Desa Wisata Brayut memiliki suasana pedesaan yang kental padahal lokasinya cukup strategis. Berdekatan dengan beberapa coffee shop, sekolah, dan pusat perbelanjaan. Secara administrasi, desa wisata ini masuk dalam Kabupaten Sleman. Tepatnya di Dusun Brayut, Pandowoharjo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Berikut rute yang mudah dijangkau kendaraan roda dua maupun roda empat:

  • Berangkat dari Kota Jogja menuju Jalan Magelang – melewati jembatan Jombor – tetap di Jalan Magelang kemudian belok di Jalan Gito Gati – belok kiri di persimpangan Masjid Sucihati – menuju Jalan Griya Taman Asri dan belok kiri di Jalan Noto Sukardjo – ambil arah sesuai papan yang bertuliskan Desa Wisata Brayut – tiba di tujuan wisata.

Jarak Desa Wisata Brayut dari pusat Kota Jogja sekitar 13,2 KM atau 30 menit perjalanan sesuai kondisi lalu lintas normal. Untuk menuju desa wisata ini tanpa tersesat, Anda bisa menggunakan sewa mobil di Jogja dari Widya Trans. Kemudian pilih armada sesuai kebutuhan, karena sekarang di Widya Transport sudah tersedia sewa Avanza FWD Jogja, Innova Reborn, Hiace Commuter, dan lainnya.

Jam Operasional dan Fasilitas di Desa Wisata Brayut

Desa Wisata Brayut buka setiap hari Senin-Jumat pukul 08.00 WIB – 21.00 WIB. Sayangnya hari Sabtu-Minggu, desa wisata ini tidak menerima kunjungan tamu. Kecuali memang tamu sebelumnya sudah menginap di homestay yang tersedia. Nah, sebagai tempat wisata, Desa Wisata Brayut memiliki fasilitas yang sudah cukup memadai.

Anda bisa menemukan toilet umum, homestay atau penginapan bagi tamu yang hendak bermalam, serta tempat ibadah (masjid). Selain itu ada sanggar membatik, sanggar tari, dan toko souvenir yang menjual oleh-oleh. Anda bisa mampir sebentar untuk mencoba pengalaman baru dan seru dari Desa Wisata Brayut ini.

Harga Tiket Masuk Desa Wisata Brayut

Tidak ada harga tiket masuk yang perlu dibayar pengunjung Desa Wisata Brayut. Untuk bisa menikmati pengalaman di sini bisa secara gratis, cukup menyediakan uang parkir motor Rp. 2.000 dan mobil Rp. 5.000. Desa Wisata Brayut adalah pilihan tempat wisata yang cocok untuk orang dewasa maupun anak-anak. Sebab kegiatan yang ditawarkan beragam, mulai dari bertani, karawitan, hingga membatik.

Berminat ke Desa Wisata Brayut? Anda bisa menghubungi Widya Trans untuk membuat rencana liburan. Jangan lupa masukan juga nama tempat hits lainnya di Jogja dalam daftar kunjungan. Sebab ada banyak kegiatan menarik menanti Anda, jadi segeralah berkunjung.