Museum Puro Pakualaman – Daerah Istimewa Yogyakarta punya banyak tujuan wisata. Namun yang paling menarik minat wisatawan domestik maupun asing adalah sejarah dan budayanya. Contohnya ada di Museum Puro Pakualaman yang menyimpan banyak barang peninggalan masa lalu. Mari simak ulasan selengkapnya tentang museum ini.

Daya Tarik Museum Puro Pakualaman

Museum Puro Pakualaman adalah museum yang berisi puluhan koleksi dari Kerajaan Pakualaman. Pertama kali diresmikan tahun 1981 dan sejak saat itu berada di bawah naungan Bebadan Museum Puro Pakualaman. Museum ini memiliki 3 ruang pameran dengan luas keseluruhan mencapai 816 m2.

Museum Puro Pakualaman Lokasi

Dibangun dengan persetujuan Sri Paku Alam V dengan tujuan khusus menggambarkan budaya serta sistem pemerintahan dari kerajaan itu sendiri. Selain menyimpan koleksi Kerajaan Pakualaman, museum ini juga memiliki benda-benda dari zaman VOC (Verenigde Oost Indische Compagnie). Berikut pembagiannya:

Ruang Pertama

Pada ruang pertama terdapat daftar silsilah keluarga Paku Alam beserta foto-fotonya. Kemudian ada juga denah Puro Pakualaman, hingga dokumen perjanjian politik yang dilakukan bersama Belanda dan Inggris.

Ruang Kedua

Sementara pada ruang kedua Museum Puro Pakualaman, Anda bisa menemukan koleksi kostum tari, perlengkapan dan peralatan yang pernah digunakan dahulu di masa kejayaan kerajaan tersebut. Masih ada koleksi pakaian permaisuri dan pangeran, prajurit, hingga abdi dalem.

Ruang Ketiga

Ruang ketiga menyimpan kereta kuda yang merupakan hadiah dari Raffles untuk Pakualam. Kereta tersebut dinamakan ‘Kereta Kyai Manik Kumolo’ yang sudah ada sejak tahun 1814. Ditempatkan tepat di belakang istana, selain itu tampak pohon Gandaria yang menjadi tempat raja bermeditasi.

Sebelum memasuki Museum Puro Pakualaman, wisatawan akan melewati banyak pepohonan beringin. Kemudian menuju gerbang utama yang berhiaskan lambang mahkota Praja Pakualaman dengan tanaman lung lungan. Di depan museum ini juga terdapat beberapa alat musik gamelan khas Jogja. Sebagai objek wisata sejarah dan budaya, Museum Puro Pakualaman memang menarik untuk dikunjungi.

Museum Puro Pakualaman Sejarah

Bagi Anda yang sedang berlibur ke Jogja, wajib menambahkan mesum ini ke dalam daftar tempat wisata yang akan dikunjungi. Tentunya bersama Widya Trans, biro perjalanan terpercaya dengan layanan rental mobil terbaik se-Jogja.

Lokasi dan Rute Menuju Museum Puro Pakualaman

Museum ini berada dalam kompleks Puro Pakualaman. Dengan alamat lengkap Jalan Sultan Agung, Puro Pakualaman, Purwokinanti, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya mudah dijangkau oleh kendaraan umum, karena berdekatan dengan Titik Nol Yogyakarta / Malioboro. Untuk rute menuju Museum Puro Pakualaman ada di bawah ini:

  • Ambil arah Jalan Panembahan Senopati menuju Jalan Sultan Agung – ke Jalan Masjid dan belok ke Jalan Sewandanan – masuk ke gerbang Puro Pakualaman – tiba di area parkir.

Perjalanan Anda dapat dimulai setelah pulang dari kawasan Malioboro maupun sebelumnya. Waktu yang dibutuhkan menuju tempat ini hanya sekitar 7 menit, baik itu menggunakan motor maupun mobil. Jarak Museum Puro Pakualaman memang cukup dekat, sekitar 1,5 KM saja dari pusat Kota Jogja tersebut. Agar lebih mudah bepergian, Anda dapat memilih sewa Voxy Jogja murah di Widya Trans.

Layanan ini sangat ideal untuk perjalanan bersama keluarga tercinta. Sewa mobil Widya Trans juga beragam pilihannya. Selain voxy, Anda bisa menggunakan Alphard, Pajero Sport, Fortuner VRZ, hingga Innova Zenix dengan durasi sewa fullday. Soal harga bisa dibilang termurah, namun kami tidak akan pernah menurunkan kualitas pelayanan.

Jam Buka dan Fasilitas di Museum Puro Pakualaman

Museum-museum Jogja biasanya tidak buka 24 jam nonstop. Bahkan ada hari-hari tertentu yang membuat wisatawan tak dapat berkunjung. Namun untuk ke Museum Puro Pakualaman, tersedia waktu kunjungan pada hari:

  •       Senin sampai Kamis pukul 08.00 WIB – 13.00 WIB.
  •       Jumat pukul 08.00 WIB – 11.00 WIB.
  •       Sabtu dan Minggu pukul 08.00 WIB – 13.00 WIB.

Fasilitas yang ada di museum ini juga sudah memadai dan membuat nyaman pengunjung sekalian. Seperti lahan parkir kendaraan yang cukup besar, toilet umum bersih, ruang pameran koleksi benda-benda kuno, papan informasi objek wisata, hingga keamanan. Fasilitas lainnya yang tidak kalah penting adalah listrik, air, serta line telepon.

Harga Tiket Masuk Museum Puro Pakualaman

Anda bisa masuk ke Museum Puro Pakualaman secara gratis. Tapi saat membawa kendaraan, baik motor atau mobil akan dikenakan biaya. Mulai dari Rp. 2.000 – Rp. 10.000 dan bisa gratis apabila Anda mengikuti rombongan tour. Manfaatkan kesempatan ini untuk melihat berbagai koleksi Puro Pakualaman yang bersejarah.

Itu saja pembahasan Museum Puro Pakualaman. Walau singkat, Anda sudah mengetahui hal-hal penting terkait objek wisata sejah ini secara lengkap. Segera atur waktu kunjungan di akhir pekan mendatang bersama sewa mobil di Yogyakarta terpercaya Widya Trans. Demi kemudahan dan kelancaran perjalanan Anda sekeluarga ke setiap destinasi wisata.