Desa Wisata Pulesari – Daerah Istimewa Yogyakarta diketahui telah mengembangkan banyak destinasi wisata desa. Adapun yang menarik perhatian akhir-akhir ini adalah Desa Wisata Pulesari. Cukup populer di kalangan wisatawan sejak dibuka pada tahun 2012 silam. Di desa ini, pengunjung diizinkan bermain, menikmati pemandangan gunung merapi, hingga belajar banyak budaya masyarakat setempat.

Kegiatan Seru di Desa Wisata Pulesari

Desa Wisata Pulesari menawarkan beberapa aktivitas atau atraksi wisata yang dibalut dengan tradisi budaya. Beberapa yang bisa Anda lakukan adalah:

1.  Outbound

Outbound adalah aktivitas utama yang diinginkan para wisatawan ketika berkunjung. Dengan potensi alam yang mendukung, tentu pihak pengelola mampu menyediakan berbagai wahana seru. Salah satu wahana yang paling disukai adalah trekking sungai.

Desa Wisata Pulesari Lokasi

Selain itu, pengunjung Desa Wisata Pulesari dapat mencoba wahana jembatan goyang, tangga air, titian bambu, jaring laba-laba, vertikal web, hingga titian tali. Coba lakukan aktivitas ini bersama teman-teman atau keluarga, pasti rasanya lebih seru.

2.  Trekking ke Banyak Goa

Desa Wisata Pulesari juga menawarkan aktivitas trekking seru ke banyak goa bersejarah. Setidaknya ada 8 goa yang bisa disusuri, antara lain Goa Canguk, Goa Leri, Goa Dampar, Goa Wayang, Goa Gular, Goa Bedog, Goa Gedhe, hingga Goa Grenjeng. Beberapa goa tersebut pernah menjadi benteng pertahanan era penjajahan Jepang.

3.  Belajar Budidaya Salak

Desa Wisata Pulesari adalah kawasan agrowisata penghasil buah salak. Di sini pengunjung bisa belajar budidaya salak, memetik, mencicipi buahnya langsung dari pohon, dan membeli sebagai oleh-oleh. Perkebunan salak Desa Wisata Pulesari cukup luas untuk dikunjungi banyak wisatawan. Hal menarik lainnya dari kegiatan ini adalah kesempatan belajar mengolah salak menjadi keripik, dodol, nastar, wingko, bakpia, dan lain sebagainya.

4. Membajak Sawah dan Menanam Padi

Disamping budidaya salak, wisatawan juga ditawarkan untuk mencoba membajak sawah dan menanam padi di Desa Wisata Pulesari ini. Menariknya, cara yang diajarkan masih tradisional.

Desa Wisata Pulesari

Apabila ingin berkunjung ke Desa Wisata Pulesari, Anda bisa memesan sewa Avanza Facelift di Widya Trans. Pesannya mudah, harganya hemat. Budget liburan Anda tetap aman tanpa membengkak.

Rute Menuju Lokasi Desa Wisata Pulesari

Lokasi Desa Wisata Pulesari berada di lereng Gunung Merapi. Dengan alamat lengkap Pulesari, Wonokerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sejak tahun 2012 hingga sekarang, desa ini tetap menarik perhatian wisatawan. Berkat nuansa alam dan budayanya yang masih terjaga, serta adanya ide kreatif dari warga.

Untuk sampai ke lokasi Desa Wisata Pulesari, Anda bisa mengambil rute dari Kota Jogja. Berangkat menuju Jalan Magelang dan Jalan Turi. Lalu mengemudi ke Sangurejo menuju Jalan Gadjah Mada Asri. Teruskan perjalanan Anda ke desa ini melalui Jalan Pulesari di Becici. Jarak yang akan ditempuh cukup jauh, yakni sekitar 22,7 KM dalam waktu 51 menit.

Jenis kendaraan yang bisa menuju lokasi Desa Wisata Pulesari adalah motor, mobil, dan bus, Namun bagi Anda yang ingin menggunakan rental mobil di Jogja dari Widya Trans, perjalanan tentu akan lebih nyaman dan aman.

Jam Operasional dan Fasilitas di Desa Wisata Pulesari

Desa Wisata Pulesari menerima kunjungan wisatawan dari Senin sampai Minggu. Dengan jam operasional 07.00 WIB – 18.00 WIB untuk Senin sampai Jumat, dan 24 jam pada Sabtu dan Minggu. Fasilitas Desa Wisata Pulesari meliputi masjid, toilet umum, homestay, gardu roda, proyektor, dan berbagai wahana kegiatan seru. Beberapa fasilitas yang ada dapat digunakan secara gratis, sementara sisanya berbayar sesuai kebutuhan pengunjung.

Harga Tiket Masuk Desa Wisata Pulesari 2023

Pengunjung Desa Wisata Pulesari hanya akan dikenakan biaya sesuai paket outbound yang dipilih. Untuk tiket masuk sudah termasuk dalam paket-paket tersebut, kecuali biaya parkir kendaraan. Untuk roda 2 sebesar Rp. 2.000 dan roda 4 Rp. 5.000. Berikut rincian paketnya:

KeteranganTarif
Paket Tradisi 1 (minimal 20 orang)Rp. 55.000/pax
Paket Tradisi 2 (minimal 20 orang)Rp. 75.000/pax
Paket Tradisi 3 (minimal 20 orang)Rp. 95.000/pax
Paket Tradisi 4 (minimal 20 orang)Rp. 105.000/pax
Paket Malam Keakraban (minimal 20 orang)Rp. 145.000/pax
Paket Gathering Live In Desa Wisata Pulesari (minimal 20 orang)Rp. 185.000/pax

Bagaimana, murah bukan? Dengan harga ekonomis Anda sudah puas menjelajahi Desa Wisata Pulesari yang unik. Mulai dari belajar tradisi budaya hingga bermain wahana seru. Jika ingin menginap, Anda dapat menyewa homestay atau penginapan dengan harga termurah Rp. 35.000 saja.

Itu dia informasi Desa Wisata Pulesari Yogyakarta. Bagi Anda yang tertarik untuk berkunjung ke tempat ini harus segera menghubungi Widya Trans. Sebelum kehabisan rental mobil Jogja murah meriah. Di Widya Trans, Anda bisa menemukan armada terbaik, terbaru, serta terlengkap. Ditambah lagi dengan adanya driver handal, wisata ke tempat-tempat hits di Jogja akan lebih mudah.